BAPELKES MATARAM - Penutupan Pelatihan Imunisasi bai Program Imunisasi di Puskesmas

Detail Info Terkini

Isi Informasi Tentang Kegiatan/Berita Di Bapelkes Mataram

Penutupan Pelatihan Imunisasi bai Program Imunisasi di Puskesmas

Dipublikasi Pada: Jumat, 08 Maret 2024 - 16:01 WIB


Bapelkes Mataram Kemenkes RI telah sukses menyelenggarakan Pelatihan Imunisasi Bagi Pengelola Program Imunisasi Di Puskesmas Bapelkes Mataram Kemenkes RI Angkatan Ke 2. Acara penutupan pelatihan ini dilakukan secara klasikal di Hotel Jayakarta Lombok pada tanggal 07 Maret 2024, diikuti oleh 30 peserta dari Provinsi NTB, NTT, dan Bali.
 
Kegiatan dimulai dengan sambutan dari Laporan Panitia Penyelenggara yang disampaikan oleh Ketua Tim Kerja 3, Bapak Lalu M. Harmain Siswanto S.Kep Ners. M.Kep. Kemudian, pelatihan ini dibuka secara resmi oleh Kepala Bapelkes Mataram, Bapak Ali Wardana, SKM., M.Si.
 
Dalam sambutannya, beliau menyatakan komitmen Indonesia terhadap mutu pelayanan imunisasi dengan menetapkan standar pemberian suntikan yang aman (safe injection practices) bagi penerima suntikan, petugas, dan lingkungan terkait dengan pengelolaan limbah medis tajam yang aman (waste disposal management). Cakupan imunisasi harus dipertahankan tinggi dan merata di seluruh wilayah untuk menghindari terjadinya daerah kantong yang dapat mempermudah terjadinya kejadian luar biasa (KLB).
 
Beliau juga menekankan pentingnya kompetensi sumber daya manusia yang mampu mengelola program imunisasi dengan baik, dapat mengenali dan menemukan permasalahan program, memberikan solusi, mendiskusikan dengan para pihak, dan mengimplementasikan jalan keluar. Oleh karena itu, pelatihan ini diharapkan dapat meningkatkan kapasitas petugas imunisasi dalam melakukan pembinaan, pendampingan, pengawasan, serta pelayanan yang intensif terhadap pelaksanaan program imunisasi rutin di wilayah masing-masing.
 
Oleh karena itu, kami berharap agar para peserta dapat mengaplikasikan dan mereplikasi hasil pelatihan ini kepada teman-teman yang lain. Gunakanlah kesempatan setelah selesai pelatihan ini untuk berbagi ilmu pengetahuan sebanyak mungkin atau mengaplikasikan hasil pelatihan guna kelancaran tugas dalam menerapkan program imunisasi.
 


<< kembali ke indeks berita



Berita Lainnya:


Optimalisasi Pelayanan Kesehatan: Bapelkes Mataram Gelar Pelatihan Stroke dan Diabetes
Selasa, 17 September 2024 - 07:29 WIB
Pelatihan Teknis Penanggulangan Stroke Bagi Dokter dan Perawat di FKTP Angkatan I
Minggu, 15 September 2024 - 07:32 WIB
Koordinasi Penyelenggaraan Pelatihan Bagi BBPK-Bapelkes Tahun 2024 di Mataram
Jumat, 13 September 2024 - 07:36 WIB
Pelatihan Pemeriksaan Tuberkulosis Menggunakan Alat Tes Cepat Molekular (TCM) Bagi Petugas Laboratorium Fasyankes Angkatan IV
Sabtu, 07 September 2024 - 07:40 WIB
Bapelkes Mataram Kemenkes RI sukses melaksanakan Pelatihan Pelayanan Kefarmasian bagi Tenaga Kefarmasian di Puskesmas Wilayah Provinsi NTB, Bali, NTT, dan Maluku Angkatan III
Rabu, 28 Agustus 2024 - 12:00 WIB
Bapelkes Mataram Menutup Pelatihan Manajemen Penanggulangan Krisis Kesehatan Bagi Sumber Daya Manusia Kesehatan Angkatan 3
Selasa, 27 Agustus 2024 - 13:00 WIB