BAPELKES MATARAM - KEGIATAN IMTAQ BAPELKES MATARAM ( HABLUM MINALLAH WA HABLUM MINANNAS )

Detail Info Terkini

Isi Informasi Tentang Kegiatan/Berita Di Bapelkes Mataram

KEGIATAN IMTAQ BAPELKES MATARAM ( HABLUM MINALLAH WA HABLUM MINANNAS )

Dipublikasi Pada: Jumat, 02 September 2022 - 10:00 WIB


Untuk meningkatkan ketakwaan kepada Allah SWT hari ini Jum’at 02 September 2022 Bapelkes Mataram mengadakan kegiatan imtaq yang dilaksanakan di Mushola An-Nur Bapelkes Mataram. Kegiatan dirangkai dengan tausiah Ustadz H. Samsul Hadi, Lc. Dengan tema “ HABLUM MINALLAH WA HABLUM MINANNAS”.
Dalam menjalani kehidupan, sebagai muslim harus selalu memperhatikan hubungan kita dengan Allah SWT ( Hablum Minallah ) dan hubungan kita kepada sesama manusia ( Hablum Minannas ), dua hal tersebut merupakan bagian dari misi manusia sebagai khalifah di muka bumi.
Hablum minallah adalah bagaimana seorang manusia berhubungan dengan Sang Pencipta dengan mengikuti segala perintahnya dan menjauhi segala larangannya. Pada hakikatnya manusia hidup didunia ini hanya untuk beribadah kepada Allah SWT. Allah berfirman, "Dan aku tidak menciptakan jin dan manusia melainkan supaya mereka mengabdi kepada-Ku.” (Qs. Ad-Dzuriat : 56).
Hablum Minannas adalah bagaimana manusia menjaga hubungan baik dengan sesama manusia sebagai mahluk sosial Allah SWT menekankan hal ini dalam surat Al Hujurat ayat 13 yang artinya: “Hai manusia, sesungguhnya Kami menciptakan kamu dari seorang laki-laki dan seorang perempuan dan menjadikan kamu berbangsa-bangsa dan bersuku-suku supaya kamu saling kenal-mengenal. Sesungguhnya orang yang paling mulia di antara kamu di sisi Allah ialah orang yang paling takwa di antara kamu. Sesungguhnya Allah Maha Mengetahui lagi Maha Mengenal.
Dalam tausiah Ustadz H. Samsul Hadi, Lc. Dibuka dengan menyampaikan keutamaan hari jum’at dimana hari jum’at merupakan hari yang sangat mulia, adapun amalan yang di anjurkan yaitu mengisi hari yang mulia ini dengan membaca Qs Al-Kahf minimal 10 ayat agar terhindar dari fitnah Dajjal dan lebih banyak bersholawat kepada Nabi Muhammad SAW yang dijelaskan bahwa Allah SWT pun bersholawat kepada nabi, bagaimana dijelaskan dalam QS Al-Ahzab ayat 6 yang artinya "Sesungguhnya Allah dan para malaikat-Nya bersalawat untuk Nabi,".
Kemudian dijelaskan tentang bagaimana sesama manusia menjaga hubungan baik dengan manusia lain dengan selalu bertegur sapa, Dari Anas bin Malik ra berkata bahwa Raslullah SAW bersabda,
Janganlah kalian saling memutuskan hubungan, jangan saling membelakangi, jangan saling bermusuhan, jangan saling hasud. Jadilah hamba-hamba Allah yang bersaudara. Tidak halal bagi seorang muslim untuk tidak bertegur sapa dengan saudaranya di atas tiga hari”. (HR Muttafaq ‘alaihi).
Ustadz H. Samsul Hadi, Lc juga menegaskan untuk sesama pegawai Bapelkes Mataram khususnya dan semua orang untuk selalu mengucapkan salam ketika bertemu untuk menghindari sifat kesombongan dan menjaga hubungan baik kepada sesama manusia.
Selain menjaga hubungan dengan sesama, beliau juga menyampaikan untuk selalu menjaga hubungan baik dengan Allah SWT dengan memenuhi segala kewajiban kewajiban kita kepada Allah SWT diantaranya solat tepat waktu, berzakat, berpuasa pada bulan ramadhan dan naik haji bagi orang orang yang sudah mampu.
Setelah tausiah tersebut selesai , acara dilanjutkan dengan tanya jawab yang diberikan kepada tiga orang kemudian acara ditutup dengan doa dan harapan semoga imtaq hari ini dapat memberikan pencerahan bagi pegawai Bapelkes Mataram untuk selalu menjaga hubungan baik ke pada Allah SWT dan sesama manusia.( Tim Humas Bapelkes Mataram)


<< kembali ke indeks berita



Berita Lainnya:


Optimalisasi Pelayanan Kesehatan: Bapelkes Mataram Gelar Pelatihan Stroke dan Diabetes
Selasa, 17 September 2024 - 07:29 WIB
Pelatihan Teknis Penanggulangan Stroke Bagi Dokter dan Perawat di FKTP Angkatan I
Minggu, 15 September 2024 - 07:32 WIB
Koordinasi Penyelenggaraan Pelatihan Bagi BBPK-Bapelkes Tahun 2024 di Mataram
Jumat, 13 September 2024 - 07:36 WIB
Pelatihan Pemeriksaan Tuberkulosis Menggunakan Alat Tes Cepat Molekular (TCM) Bagi Petugas Laboratorium Fasyankes Angkatan IV
Sabtu, 07 September 2024 - 07:40 WIB
Bapelkes Mataram Kemenkes RI sukses melaksanakan Pelatihan Pelayanan Kefarmasian bagi Tenaga Kefarmasian di Puskesmas Wilayah Provinsi NTB, Bali, NTT, dan Maluku Angkatan III
Rabu, 28 Agustus 2024 - 12:00 WIB
Bapelkes Mataram Menutup Pelatihan Manajemen Penanggulangan Krisis Kesehatan Bagi Sumber Daya Manusia Kesehatan Angkatan 3
Selasa, 27 Agustus 2024 - 13:00 WIB