BAPELKES MATARAM - Pelantikan Pengurus dan Pengesahan (SBH) Pangkalan Bapelkes Mataram Kemenkes RI

Detail Info Terkini

Isi Informasi Tentang Kegiatan/Berita Di Bapelkes Mataram

Pelantikan Pengurus dan Pengesahan (SBH) Pangkalan Bapelkes Mataram Kemenkes RI

Dipublikasi Pada: Jumat, 22 Juli 2022 - 09:39 WIB


"SATYAKU KUDARMAKAN, DARMAKU KUBAKTIKAN"
"Pramuka" Praja Muda Karana, yang memiliki arti Jiwa Muda yang Suka Berkarya guna menghadapi tantangan global yang menggerogoti persatuan dan kesatuan bangsa. Oleh karenanya dibutuhkan kaum muda yang memiliki jiwa patriotisme, berwawasan global, memiliki karakter dan kepribadian yang luhur serta menjunjung tinggi persatuan dan kesatuan Indonesia. Dalam bidang kesehatan diwujudkan dengan pembentukan Saka Bakti Husada.
Saka Bakti Husada merupakan salah satu bagian dari pramuka yang didalamnya dijadikan wadah pendidikan untuk menyalurkan minat, mengembangkan bakat dan pengalaman para pramuka dalam bidang kesehatan yang dapat membantu melembagakan norma hidup sehat bagi semua anggota baik anggota pramuka dan masyarakat di lingkunganya.
Acara Pelantikan Pengurus Saka Bakti Husada (SBH) Bapelkes Mataram Kemenkes RI oleh Ketua Kwarcab Gerakan Pramuka Lombok Barat Kakak Drs. Hendrayadi yang bertempat di Bapelkes Mataram Jl. Gora 2 Lingsar Lombok Barat pada Hari Jumat, 22 Juli 2022.
Dalam sambutan nya Kak Hendra menyampaikan apresiasi serta menyambut baik apa yang diinisiasi oleh pihak Bapelkes Mataram untuk membentuk Pangkalan SBH sehingga ini bisa menjadi awal yang baik untuk membangkitkan kegiatan ke Pramukaan khususnya di Lombok Barat.
Kami dari Kwarcab Lombok Barat melantik Pengurus SBH Pangkalan Bapelkes Mataram karna dari konsep kewilayahan berada di Kabupaten Lombok Barat yang berbatasan dengan Kota Mataram sehingga sesuai prosedur dan surat permintaan Kepala Bapelkes Mataram maka pada hari ini kami melantik Pengurus SBH Bapelkes Mataram. Dengan telah dilantiknya Kepengurusan SBH Pangkalan Bapelkes Mataram berharap agar bisa diikuti oleh semua Kwaran untuk membentuk Pangkalan SBH di setiap Puskesmas dan Instruktur yang ada di Balai Pelatihan Kesehatan Mataram harus siap melatih dan memberikan edukasi khususnya terhadap pemahaman anggota tentang kesehatan.
Selain Pelantikan Pengurus SBH juga dilakukan Peresmian Pangkalan SBH Bapelkes Mataram oleh Bupati Lombok Barat yang diwakili Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Lombok Barat selaku Ketua Majelis Pembina Gerakan Pramuka Kabupaten Lombok Barat.
Dalam sambutannya Kepala Bapelkes Mataram Kemenkes RI selaku Ketua Majelis Pembina SBH Pangkalan Bapelkes Mataram yang baru dilantik, Kak Ali Wardana menyampaikan ucapan Terimakasih kepada Ketua Kwarda Gerakan Pramuka Lombok Barat yang telah melantik dan memberikan dukungan penuh sehingga hari ini pelantikan bisa dilaksanakan dan ini menjadi tonggak sejarah karna kami Bapelkes Mataram belum genap berusia 7 bulan dan baru bertransformasi menjadi UPT Kemenkes RI berdasarkan Permenkes No. 29 Tahun 2021 dimana sebelumnya merupakan UPT Dinas Kesehatan Provinsi NTB. Insha Alloh setelah dilantik kepengurusan ini maka kami akan bergerak cepat mengikuti kakak2 senior kami di SBH BBPK/Bapelkes Nasional. Dari enam Krida dalam SBH, yaitu krida bina keluarga, krida bina lingkungan sehat, krida penanggulangan penyakit, krida bina gizi, krida bina obat, serta krida bina perilaku hidup bersih dan sehat, kami memiliki Instruktur dengan SDM yang lengkap sesuai dengan Tusi kami sebagai Lembaga Kediklatan Kesehatan. Kami siap memberikan pelatihan dan memberikan transfer knowledge kepada semua pangkalan SBH yang ada di seluruh Puskesmas, RS dan Sarana pelayanan kesehatan di Lombok Barat juga di 10 Kabupaten/Kota yang ada di Provinsi Nusa Tenggara Barat.
Dengan dilantiknya Pengurus dan diresmikannya Pangkalan SBH Bapelkes Mataram maka kegiatan kepramukaaan sudah bisa dilaksanakan oleh Pangkalan SBH Bapelkes Mataram. Lebih jauh harapan kami bahwa Jambore Nasional SBH bisa diadakan di Lombok NTB karna Kami Balai Pelatihan Kesehatan Nasional berjumlah 7 di Indonesia sehingga kegiatan tersebut sangat mungkin untuk dilaksanakan karna didukung dengan luasnya lahan kosong yg ada di Bapelkes Mataram serta potensi mengembangkan daerah wisata dengan program health Tourism, demikian disampaikan Kak Ali panggilan akrabnya.
Terimakasih atas dukungan dan partisipasi semua pihak semoga kami bisa berkarya.
Salam Pramuka
Sehat dan Sukses selalu untuk kita semua


<< kembali ke indeks berita



Berita Lainnya:


Optimalisasi Pelayanan Kesehatan: Bapelkes Mataram Gelar Pelatihan Stroke dan Diabetes
Selasa, 17 September 2024 - 07:29 WIB
Pelatihan Teknis Penanggulangan Stroke Bagi Dokter dan Perawat di FKTP Angkatan I
Minggu, 15 September 2024 - 07:32 WIB
Koordinasi Penyelenggaraan Pelatihan Bagi BBPK-Bapelkes Tahun 2024 di Mataram
Jumat, 13 September 2024 - 07:36 WIB
Pelatihan Pemeriksaan Tuberkulosis Menggunakan Alat Tes Cepat Molekular (TCM) Bagi Petugas Laboratorium Fasyankes Angkatan IV
Sabtu, 07 September 2024 - 07:40 WIB
Bapelkes Mataram Kemenkes RI sukses melaksanakan Pelatihan Pelayanan Kefarmasian bagi Tenaga Kefarmasian di Puskesmas Wilayah Provinsi NTB, Bali, NTT, dan Maluku Angkatan III
Rabu, 28 Agustus 2024 - 12:00 WIB
Bapelkes Mataram Menutup Pelatihan Manajemen Penanggulangan Krisis Kesehatan Bagi Sumber Daya Manusia Kesehatan Angkatan 3
Selasa, 27 Agustus 2024 - 13:00 WIB